Panduan Kakak Pena

Dalam SUKA-SUKA.PROJECT kakak partisipan dapat mengirim dan menginspirasi dalam bentuk-bentuk berikut

  1. Surat

Cerita dituangkan dalam bentuk narasi mengikuti kaidah penulisan surat yang berlaku secara umum. Panjang surat tidak dibatasi, namun alangkah baiknya bila tidak terlalu panjang mengingat penerima surat adalah adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah. Kami mengapresiasi surat yang ditulis dengan tangan, namun tidak tertutup bila surat diketik. Surat menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris sederhana. Surat tidak mengandung unsur SARA.

  1. Kartu Pos

Kartu pos dapat memuat kata-kata inspiratif, pesan penyemangat, informasi menarik, sketsa atau cerita singkat yang ditulis tangan dengan rapi dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris sederhana. Ornamen dan hiasan timbul pada kartu pos tidak dibatasi selama tidak mengurangi esensi dari pesan yang ingin disampaikan. Kartu pos tidak memuat unsur SARA.

  1. Gambar bercerita

Gambar yang dimaksud dapat berupa sketsa, karikatur, komik strip, atau foto yang dicetak dengan ukuran tidak lebih besar dari A3, dikirimkan dengan dimasukkan ke dalam amplop tertutup dengan disertai kisah singkat tentang gambar yang dikirimkan. Gambar tidak mengandung unsur pornografi dan SARA.

Tema dari cerita yang dikirimkan tidak dibatasi, namun sangat diharapkan cerita mengenai:

  1. Cita-cita.

Dapat berupa cerita tentang rutinitas, aktivitas kerja, alat dan sarana menarik terkait perkerjaan, dan sebagainya.

  1. Tempat dan kejadian

Tempat kakak partisipan bekerja atau menimba ilmu, festival lokal, kejadian menarik di luar daerah, momen kelulusan, dan sebagainya

  1. Tokoh inspiratif

Dapat berupa cerita tentang tokoh terkenal, ataupun sosok inspiratif di sekitar kakak partisipan yang ceritanya dapat dijadikan panutan.